Rabu, 04 November 2009

Tentang Tumbuhan

Pewarna alami
Tumbuhan atau bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna baik untuk tekstil maupun batik. Masih banyak tumbuhan lain yang digunakan sebagai bahan pewarna yang belum dituliskan dalam kategori ini.
Kategori : Definisi
Buah-buahan
Tumbuhan atau bagian buah dari tumbuhan ini yang dapat dimakan atau dimanfaatkan sebagai buah. Tumbuhan buah langka Indonesia mempunyai jenis yang banyak dan belum semua jenisnya ternyantum dalam kategori ini.
Kategori : Definisi
Umbi-umbian
Jenis-jenis tumbuhan yang menghasilkan umbi sebagai sumber bahan makanan yang ada di dalam tanah dan dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat.
Kategori : Definisi
Pemanis alami
Tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan rasa manis. Kelompok tumbuhan pemanis akan berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Kategori : Definisi
Kacang-kacangan
Kelompok tumbuhan yang menghasilkan buah polong atau kacang-kacangan yang dapat berfungsi sebagai bahan protein nabati maupun penutup dan penyubur tanah
Kategori : Definisi
Identitas propinsi
Tumbuh-tumbuhan yang digunakan sebagai identitas Propinsi di Indonesia. Kelompok ini tidak termasuk jenis-jenis tumbuhan yang termasuk identitas Kabupaten di Indonesia.
Kategori : Definisi
Tumbuhan obat
Tumbuh-tumbuhan yang biasa dimanfaatkan oleh suku bangsa di Indonesia sebagai obat tradisional. Jenis yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional sangat banyak lebih dari 1000 jenis, informasi yang ada disini hanyalah sebagian kecil dari jenis yang digunakan oleh suku bangsa di Indonesia.
Kategori : Definisi
Biopestisida
Tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk pestisida, baik secara langsung berfungsi sebagai pestisida maupun harus diekstrak terlebih dahulu.
Kategori : Definisi
Tumbuhan pantai
Tumbuh-tumbuhan yang tempat tumbuhnya di pantai, baik yang biasa ditanam maupun yang tumbuh secara alami.
Kategori : Definisi
Tumbuhan perintis/reklamasi
Tumbuhan yang dapat digunakan untuk memperbaiki lahan atau disebut reklamasi lahan yang rusak karena tanah kritis, karena penebangan liar, karena penambangan dan lain-lain. Selain itu juga termasuk tumbuhan perintis bila terjadi pembukaan lahan.
Kategori : Definisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar